Latest Updates

Nama-Nama Lain dari Bulan Ramadhan

1. Syahrut-tarbiyyah (bulan pendidikan) mengapa bulan ramadhan disebut dengan syahrut tarbiyah? Karena pada bulan ini kita dididik langsung oleh Allah swt. Seperti makan pada waktunya sehingga kesehatan kita bisa terjaga, atau pada bulan ini kita diajarkan oleh Allah agar bisa mengatur waktu dalam kehidupan kita, kapan waktu makan, kapan waktu bekerja, kapan waktu istirahat & kapan waktu ibadah semua ada pada yang penuh berkah ini.


2. Syahrul jihad mengapa bulan ramadhan disebut dengan syahrul jihad? Karena pada masa rasulullah peperangan justru banyak terjadi pada bulan ramadhan & selalu dimenangkan oleh kaum muslimin, & jihad yang paling besar dibulan ramadhan adalah berjihad melawan hawa nafsu sendiri, sehingga bulan ramadhan dinamai juga dengan syahrul jihad.

3. Syahrul Qur'an mengapa bulan ramadhan disebut dengan syahrul Qur'an? Karena pada bulan ini diturunkannya Al-Qur'an untuk yang pertama di gua hira', & pada bulan ini pula alangkah baiknya kita isi malam-malam bulan ramadhan dengan tadarus (membaca & mengkaji Al-Qur'an) sehingga kita dapat memahami &mengerti perintah-perintah Allah & larangan-larangan Allah yang terkandung didalamnya.


4. Syahrul Ukuwwah mengapa bulan ramadhan disebut dengan syahrul ukuwah? Karena pada bulan ini kita sangat merasakan sekali ukuwah/hubungan diantara kaum muslimin terjalin sangat erat & selalu berinteraksi di mesjid ataupun tempat-tempat ibadah lain untuk melakukan shalat berjama'ah.


5. Syahrul Ibadah mengapa bulan ramadhan disebut dengan syahrul ibadah? Karena pada bulan tersebut terdapat ibadah-ibadah yang tidak akan pernah didapatkan pada bulan-bulan lainnya, seperti shalat tarawih dll, pahalanyapun berlipat ganda. 

0 Response to "Nama-Nama Lain dari Bulan Ramadhan"

Post a Comment

X-Steel - Wait