Latest Updates

SAHABAT DAPAT MEMPENGARUHI


 Maka Imam Ghazali rahmatullahalaih berkata bahwa orang yang dijadikan teman hendaknya yang di dalam dirinya terdapat 5 hal, yakni:


  •  Memiliki akal. Akal merupakan modal utama,apabila bergaul dengan orang yang tidak berakal,tali silaturahiim akan terputus dan hati terasa gersang. 
  •  Berakhlaq baik. Pada umumnya orang yang beraklaq buruk, akalnya dikalahkan oleh nafsunya. Mungkin seseorang memiliki daya tangkap baik, tetapi kebiasaannya yang buruk seperti pemarah, tunduk kepada syahwat, bakhil, dan sebagainya menyebabkan otaknya tidak bekerja dengan baik. 
  •  Bukan orang fasik. Barangsiapa yang tidak takut kepada Allah, maka persahabatannya tidak dapat dipercaya, karena mungkin saja suatu saat ia akan menjerumuskanmu ke dalam kesulitan. 
  •  Bukan ahli bid`ah. Karena dikawatirkan akan tertarik dengan bid`ah tersebut dan terpengaruh oleh keburukannya. 
  •  Bukan orang yang tamak dalam mengumpulkan harta dunia. Orang yang berkawan dengan pengumpul dunia, seakan akan telah membunuh dirinya sendiri, sebab tanpa disadarinya tabiat manusia suka meniru-niru dan mengikuti orang lain dan tanpa disadari terpengaruh oleh sifat orang lain.

0 Response to "SAHABAT DAPAT MEMPENGARUHI"

Post a Comment

X-Steel - Wait