Latest Updates

Hukum Takbir Idul Adha


Disunnahkan Takbir Idul Adha Dimulai Subuh Hari Arafah Takbir Idul Adha dimulai dari subuh hari Arafah (9 Dzulhijjah) sehari sebelum hari raya dan berakhir setelah terbenam matahari pada hari ketiga (13 Dzulhijjah) dari pada hari-hari Tasyriq. 

ﻭﻳﻜﺒﺮ ﻣﻦ ﻏﺮﻭﺏ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﻌﻴﺪ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻳﺪﺧﻞ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﻓﻲ ﺍﻷﺿﺤﻰ ﺧﻠﻒ ﺍﻟﺼﻠﻮﺍﺕ ﺍﻟﻔﺮﺍﺋﺾ ﻣﻦ ﺻﺒﺢ ﻳﻮﻡ ﻋﺮﻓﺔ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﻣﻦ ﺁﺧﺮ ﺃﻳﺎﻡ ﺍﻟﺘﺸﺮﻳﻖ )ﻛﻔﺎﻳﺔ ﺍﻷﺧﻴﺎﺭ ﺟﺰﺀ 1 ﺹ 150 )
 "Hendaknya orang bertakbir semenjak terbenam Matahari di malam Idul Fitri sampai dengan pagi harinya, tepatnya yaitu sampai Imam Idul Fitri melakukan shalatnya. Dan takbir Idul Adha (selain malamnya) adalah setelah shalat fardu adalah semenjak subuh hari ‘Arafah (yaitu sehari sebelum lebaran tepatnya tanggal 9 Dzulhijjah) sampai dengan Asar akhir hari Tasyriq. (hari Tasyriq adalah tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah)." (Kifayatul Akhyar Juz 1 hal.150) 

ﻳﺴﺘﺤﺐ ﺍﻟﺘﻜﺒﻴﺮ ﺑﻐﺮﻭﺏ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻟﻴﻠﺘﻲ ﺍﻟﻌﻴﺪ ﺍﻟﻔﻄﺮ ﻭﺍﻷﺿﺤﻰ ﻭﻻ ﻓﺮﻕ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻤﺴﺎﺟﺪ ﻭﺍﻟﺒﻴﻮﺕ ﻭﺍﻷﺳﻮﺍﻕ ﻭﻻ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﻭﺍﻟﻨﻬﺎﺭ ﻭﻋﻨﺪ ﺍﺯﺩﺣﺎﻡ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻟﻴﻮﺍﻓﻘﻮﻩ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﻭﻻ ﻓﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺤﺎﺿﺮ ﻭﺍﻟﻤﺴﺎﻓﺮ )ﻛﻔﺎﻳﺔ ﺍﻷﺧﻴﺎﺭ ﺟﺰﺀ 1 ﺹ151 -150 ) 
"Disunnahkan takbir sebab terbenam Matahari di malam Idul Fitri dan malam Idul Adha, tidak ada perbedaan dalam hal sunnah takbir, artinya tetap disunnahkan baik di mesjid-mesjid, rumah-rumah atau di pasar-pasar, juga tidak berbeda antara malam atau siang dan saat orang berkumpul atau tidak, agar semua menyesuaikan dan menghidupkan gema takbir, dan juga tidak berbeda antara berada di rumah atau dalam perjalanan." (Kifayatul Akhyar Juz 1 hal. 150-151)

 ﺩﻟﻴﻠﻪ ﻓﻲ ﻋﻴﺪ ﺍﻟﻔﻄﺮ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﻟﺘﻜﺒﺮﻭﺍ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻫﺪﺍﻛﻢ ﻭﻓﻲ ﻋﻴﺪ ﺍﻷﺿﺤﻰ ﺑﺎﻟﻘﻴﺎﺱ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻳﻐﻨﻲ ﻋﻨﻪ )ﻛﻔﺎﻳﺔ ﺍﻷﺧﻴﺎﺭ ﺟﺰﺀ 1 ﺹ 151 )
 "Dalil tentang disunnahkan takbir Idul- Fitri adalah firman Allah Swt QS. Al- Baqoroh 185, sedangkan dalil takbir Idul- Adha adalah Qiyas (diukurkan) dengan Idul-Fitri dan demikian itu sudah cukup menjadi alasannya." (Kifayatul Akhyar Juz 1 hal. 151) 
Ketika hari raya menjelang baik Idul Adha atau Idul Fitri kita disunahkan mandi walaupun tidak untuk mendatangi shalat ied karena memang hari itu adah hari berhias bagi umat islam. Dan disunahkan memakai pakaian yg bagus dan wewangian yg paling wangi. Sedikit perbedaanya adalah ketika mendatangi shalat ied, kita disunnahkan mempercepat mendatanginya ketika Idul Adha dan tidak untuk shalat Idul Fitri. Maksudnya adalah memberi kelonggaran dalam penyembelihan binatang qurban. Ketika Idul Fitri disunahkan makan pagi terlebih dulu, tetapi ketika Idul Adha tidak disunnahkan makan dahulu. Kita disunahkan untuk memperbanyak takbir setelah selesai shalat ketika Idul Adha sampai berahirnya hari tasyrik, tetapi ketika Idul Fitri hanya 1 hari saja. Sunah hukumnya laki-laki atau perempuan memakai pakaian yang paling bagus yang mereka miliki baik baru maupun sudah dipakai, baik putih ataupun warna yang lain. 

ﻭﻳﺴﻦ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻟﻠﻌﻴﺪﻳﻦ ﻭ ﺍﻥ ﻟﻢ ﻳﺮﺩ ﺍﻟﺤﻀﻮﺭ ﻻﻧﻪ ﻳﻮﻡ ﺯﻳﻨﺔ ﻭﻳﻨﺪﺏ ﺍﻟﺘﻄﻴﺐ ﻟﻠﺬﻛﺮ ﺑﺎﺣﺴﻦ ﻣﺎ ﻳﺠﺪﻩ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻄﻴﺐ ﻭ ﺍﻟﺘﺰﻥ ﺑﺎﺣﺴﻦ ﺛﻴﺎﺑﻪ ﻭ ﺍﻓﻀﻠﻬﺎ ﺍﻟﺒﻴﺾ ﺍﻻ ﺍﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﺍﺣﺴﻦ...... ﻭ ﺍﻥ ﻳﺎﻛﻞ ﻗﺒﻠﻬﺎ ﻓﻲ ﻋﻴﺪ ﺍﻟﻔﻄﺮ ﻭ ﺍﻻﻭﻟﻰ ﺍﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺗﻤﺮﺍ ﻭﺗﺮﺍ ﻭ ﺍﻥ ﻳﻤﺴﻚ ﻋﻦ ﺍﻻﻛﻞ ﻓﻰ ﺍﻻﺿﺤﻰ ﻭ ﻳﻨﺪﺏ ﺍﻥ ﻳﻠﺒﺲ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﻭ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﺍﺣﺴﻦ ﻣﺎ ﻟﺪﻳﻬﻢ ﻣﻦ ﺛﻴﺎﺏ ﺳﻮﺍﺀ ﻛﺎﻧﺖ ﺟﺪﻳﺪﺓ ﺍﻭ ﻣﺴﺘﻌﻤﻠﺔ، ﺑﻴﻀﺎﺀ ﺍﻭ ﻏﻴﺮ ﺑﻴﻀﺎﺅ ﺑﺎﺗﻔﺎﻕ ﻧﻬﺎﻳﺔ ﺍﻟﺰﻳﻦ ١٠٨_١٠٩ 

Berikut lafadznya:

 ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻛﺒﺮ ﻛﺒﻴﺮﺍ ﻭﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﻛﺜﻴﺮﺍ ﻭﺳﺒﺤﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻜﺮﺓ ﻭﺃﺻﻴﻠﺎ ﻟﺎ ﺇﻟﻪ ﺇﻟﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻟﺎ ﻧﻌﺒﺪ ﺇﻟﺎ ﺇﻳﺎﻩ ﻣﺨﻠﺼﻴﻦ ﻟﻪ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭﻟﻮ ﻛﺮﻩ ﺍﻟﻜﺎﻓﺮﻭﻥ ﻟﺎ ﺇﻟﻪ ﺇﻟﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺣﺪﻩ ﺻﺪﻕ ﻭﻋﺪﻩ ﻭﻧﺼﺮ ﻋﺒﺪﻩ ﻭﻫﺰﻡ ﺍﻟﺄﺣﺰﺍﺏ ﻭﺣﺪﻩ … 54

0 Response to "Hukum Takbir Idul Adha "

Post a Comment

X-Steel - Wait