Latest Updates

Salah Satu Ciri Kelompok Ahlus Sunnah Wal Jamaah Adalah Mencintai Keluarga Nabi SAW


Salah satu ciri kelompok Ahlus sunnah wal Jamaah adalah mencintai keluarga Nabi SAW. Kecintaan dan penghormatan kepada keluarga Nabi SAW (ahlul bait) adalah salah satu bentuk bukti keimanan dan kecintaan seorang muslim kepada beliau. Ahlul bait adalah semua keturunan beliau melalui puterinya, Fathimah RA. Allah berfirman:
ﻗﻞ ﻟﺎ ﺃﺳﺄﻟﻜﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﺟﺮﺍ ﺇﻟﺎ ﺍﻟﻤﻮﺩﺓ ﻓﻲ ﺍﻟﻘﺮﺑﻰ
 “Katakanlah: "Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upahpun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam keluarga.” (Asy-Syuuraa: 23).
 Nabi SAW bersabda:
 ﺃﺣﺒﻮﺍ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻤﺎ ﻳﻐﺬﻭﻛﻢ ﺑﻪ ﻣﻦ ﻧﻌﻤﻪ، ﻭﺃﺣﺒﻮﻧﻲ ﻟﺤﺐ ﺍﻟﻠﻪ، ﻭﺃﺣﺒﻮﺍ ﺃﻫﻞ ﺑﻴﺘﻲ ﻟﺤﺒﻲ
“Cintailah Allah karena nikmat-nikmat-N ya yang diberikan pada kalian, cintailah aku karena kecintaan kalian kepada Allah, dan cintailah keluargaku karena kecintaan kalian kepadaku.” (HR. Tirmidzi, Ahmad dan Hakim).
Allah SWT sangat memuliakan keluarga Nabi SAW sehingga ingin menyucikan mereka dari keburukan dan dosa.
Allah berfirman:
 ﺇﻧﻤﺎ ﻳﺮﻳﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻴﺬﻫﺐ ﻋﻨﻜﻢ ﺍﻟﺮﺟﺲ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺒﻴﺖ ﻭﻳﻄﻬﺮﻛﻢ ﺗﻄﻬﻴﺮﺍ
“Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.” (Al-Ahzaab: 33).
Allah telah mengistimewakan mereka dengan beberapa hukum yang tidak diberikan kepada manusia lain, seperti memberikan bagian dari  harta rampasan perang (QS. Al-Anfaal: 41), dan melarang mereka menerima dan memakan harta zakat karena zakat merupakan harta kotor manusia sehingga tidak pantas diberikan kepada mereka. Imam Syafii berkata dalam sebuah bait syair yang sangat terkenal:

ﻳﺎ ﺃﻫﻞ ﺑﻴﺖ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺣﺒﻜﻢ # ﻓﺮﺽ ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺃﻧﺰﻟﻪ “
Hai Ahlu Bait Rasulullah, cinta kepada kalian adalah kewajiban dari Allah dlm Alquran yang diturunkan-Nya.”

 ﻛﻔﺎﻛﻢ ﻣﻦ ﻋﻈﻴﻢ ﺍﻟﻘﺪﺭ ﺃﻧﻜﻢ # ﻣﻦ ﻟﻢ ﻳﺼﻞ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻻ ﺻﻼﺓ ﻟﻪ
“Ckuplah bagi kalian bukti ketinggian derajat kalian, yaitu siapa saja yang tidak membaca shalawat kepada kalian maka shalatnya tidak diterima”

0 Response to "Salah Satu Ciri Kelompok Ahlus Sunnah Wal Jamaah Adalah Mencintai Keluarga Nabi SAW"

Post a Comment

X-Steel - Wait