Syaikhul
Islam Ibnu Taimiyah
Syaikhul
Islam Ibnu Taimiyah berkata di dalam kitab Majmu’ Al-Fatawa juz 24 halaman
367 :
وأما القراءة والصدقة وغيرهما من أعمال البر فلا نزاع
بين علماء السنة والجماعة في وصول ثواب العبادات المالية كالصدقة والعتق كما يصل
إليه أيضا الدعاء والاستغفار والصلاة عليه صلاة الجنازة والدعاء عند قبره.
وتنازعوا في وصول الأعمال البدنية: كالصوم والصلاة والقراءة. والصواب أن الجميع
يصل إليه
Terjemah :
adapun bacaan Al-Quran, shodaqoh dan ibadah lainnya termasuk perbuatan yang
baik dan tidak ada pertentangan dikalangan ulama ahli sunnah wal jamaah bahwa
sampainya pahala ibadah maliyah seperti shodaqoh dan membebaskan budak. Begitu
juga dengan doa, istighfar, sholat dan doa di kuburan. Akan tetapi para ulama
berbeda pendapat tentang sampai atau tidaknya pahala ibadah badaniyah seperti
puasa, sholat dan bacaan. Pendapat yang benar adalah semua amal ibadah itu
sampai kepada mayit.
Bahkan
Syaikhul Islam ibnu Taimiyah juga menyebutkan bahwa pendapat yang mengatakan
bahwa pahala bacaan Al-quran itu sampai kepada mayit adalah pendapat dari
Al-Imam Abu Hanifah, Al-Imam Ahmad Bin Hanbal. Berikut ini adalah perkataan
beliau dalam kitab Majmu’ Al-Fatawa :
وتنازعوا في وصول الأعمال البدنية: كالصوم والصلاة
والقراءة. والصواب أن الجميع يصل إليه فقد ثبت في الصحيحين عن النبي صلى الله عليه
وسلم أنه قال: {من مات وعليه صيام صام عنه وليه} وثبت أيضا: {أنه أمر امرأة ماتت
أمها وعليها صوم أن تصوم عن أمها} . وفي المسند عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه
قال لعمرو بن العاص: {لو أن أباك أسلم فتصدقت عنه أو صمت أو أعتقت عنه نفعه ذلك}
وهذا مذهب أحمد وأبي حنيفة وطائفة من أصحاب مالك والشافعي
Terjemah :
para ulama berbeda pendapat tentang sampai atau tidaknya pahala ibadah
badaniyah seperti puasa, sholat dan bacaan. Pendapat yang benar adalah semua
amal ibadah itu sampai kepada mayit. Karena diriwayatkan bahwa nabi pernah
bersabda “barang siapa yang meninggal dan dia punya hutang puasa maka boleh
bagi walinya untuk berpuasa atas si mayit”. Dan ini adalah pendapat ahmad bin
hanbal, abu hanifah dan beberapa ulama malikiyah dan syafiiyah.
Ibnul Qoyyim
Al-Jauziyah
Ibnul Qoyyim
Al-Jauziyah juga mengatakan bahwa pahala bacaan Al-Quran itu sampai kepada
mayit. Hal ini beliau jelaskan di dalam kitab Ar-Ruh halaman 122 :
هذه النصوص متظاهرة على وصول ثواب الأعمال إلى الميت إذا
فعلها الحي عنه وهذا محض للقياس فإن الثواب حق للعامل فإذا وهبه لأخيه المسلم لم
يمنع من ذلك كما لم يمنع من هبة ماله في حياته وإبرائه له من بعد موته وقد نبه
النبي بوصول ثواب الصوم الذي هو مجرد ترك ونية تقوم بالقلب لا يطلع عليه إلا الله وليس
بعمل الجوارح على وصول ثواب القراءة التي هي عمل باللسان تسمعه الأذن وتراه العين
بطريق الأولى. ويوضحه أن الصوم نية محضة وكف النفس عن المفطرات وقد أوصل الله
ثوابه إلى الميت فكيف بالقراءة التي هي عمل ونية بل لا تفتقر إلى النية فوصول ثواب
الصوم إلى الميت فيه تنبيه على وصول سائر الأعمال. والعبادات قسمان مالية وبدنية
وقد نبه الشارع بوصول ثواب الصدقة قال على وصول ثواب سائر العبادات المالية ونبه
بوصول ثواب الصوم على وصول ثواب سائر العبادات البدنية وأخبر بوصول ثواب الحج
المركب من المالية والبدنية فالأنواع الثلاثة ثابتة بالنص والاعتبار. وبالله
التوفيق ( كتاب الروح لابن القيم الجوزية, ص : 122
Terjemah :
dalil-dalil ini sangat jelas sekali bahwa amal ibadah itu sampai kepada mayit
jika yang melakukan adalah orang yang masih hidup. Jika orang itu menghadiahkan
pahalanya buat saudaranya maka pahalanya sampai seperti sampainya pahala puasa
sebagaimana yang dijelaskan oleh nabi. Allah telah menyampaikan pahala puasa
bagi mayit maka begitu juga dengan pahala bacaan. Ibadah itu dibagi menjadi
dua. Yaitu ibadah maliyah dan ibadah badaniyah. Sungguh Allah telah menjelaskan
tetang sampainya pahala ibadah maliyah seperti shodaqoh dan pahala badaniyah
seperti puasa dan begitu juga pahala haji yang merupakan ibadah badaniyah
sekaligus ibadah maliyah. Dan Hal ini berdasarkan nash nash yang ada.
Syaikh Al-Utsaimin
Syaikh
Al-Utsaimin mengatakan bahwa pahala bacaan Al-Quran itu sampai kepada mayit.
Hal ini beliau jelaskan di dalam majmu fatawa dan wa rosail beliau sebagai
berikut :
الناس على قولين معروفين: أحدهما: أن ثواب العبادات
البدنية من الصلاة والقراءة ونحوهما يصل إلى الميت كما يصل إليه ثواب العبادات
المالية بالإجماع وهذا مذهب أبي حنيفة وأحمد وغيرهما وقول طائفة من أصحاب مالك
والشافعي وهو الصواب لأدلة كثيرة ذكرناها في غير هذا الوضع. والثاني: أن ثواب
العبادة البدنية لا يصل إليه بحال وهو المشهور عند أصحاب الشافعي ومالك. ( مجموع فتاوى
ورسائل ابن عثيمين .ج 7 / ص 159
Terjemah :
Ada dua pendapat diantara ulama : yang pertama bahwa pahala ibadah badaniyah
seperti sholat dan bacaan alquran itu sampai kepada mayit sebgaimana sampainya
pahala ibadah maliyah. Dan ini adalah madzhab abu hanifah, ahmad bin hanbal dan
sebagian ulama syafiiyah dan malikiyah. Dan ini adalah pendapat yang benar
berdasarkan dalil-dalil. Pendapat yang kedua mengatakan tidak sampainya ibadah
badaniyah. Dan ini pendapat masyhur imam syafiiy dan imam malik.
Syaikh
Nashiruddin Al-Albani
Syaikh
Nashiruddin Al-Albani mengatakan bahwa pahala bacaan alquran itu sampai kepada
mayit jika yang membacanya adalah seorang anak yang menghadiahkan pahalanya
untuk orang tuanya. Adapun bacaan alquran yang dibaca oleh orang lain maka
tidak sampai pahalanya. Berikut perkataan beliau dalam salah satu sesi Tanya
jawab :
قال الشيخ الألباني : إذا كان الذي يقرأ القران هو الولد
للموتى سواء كان أبا او اما فهذه القراءة تنفع وأما من سوى الأولاد فلا تنفع
قراءتهم
Terjemah :
berkata Syaikh Nashiruddin Al-Albani “ jika yang membaca alquran itu adalah
seorang anak untuk bapak dan ibunya maka bacaanya bermanfaat bagi si mayit.
Adapun jika orang lain yang membacanya maka tidak bermanfaat bacaan mereka itu
bagi si mayit.
Selamat Mencoba,
semoga anda beruntung !
0 Response to "Transfer Pahala Via Wahabi"
Post a Comment